SAMBUTAN CAMAT  Padang Barat

Kota Padang pada saat ini bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mengoptimalkan segala sarana dan prasarana yang ada salah satunya adalah dengan sarana teknologi informasi.

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi informasi saat ini, Kecamatan Padang Barat memanfaatkannya sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan tugas Kecamatan dalam hal pelayanan masyarakat dengan membuat aplikasi PATEN Kecamatan berbasis web dan sms gateway, Aplikasi ini nantinya diharapkan dapat melayani dengan lebih cepat, tepat dan terdata. Sehingga dapat meminimalisir dan mempersingkat proses pelayanan khususnya dokumen penting kependudukan seperti pengurusan KTP, KK, Akta Kelahiran, IMB, Surat Keterangan Tidak Mampu, Dispensasi Nikah, Surat Keterangan Ahli Waris dan sebagainya.

Semoga dengan aplikasi PATEN ini dapat memenuhi harapan masyarakat dalam hal pelayanan prima.

Tertanda,
Camat Padang Barat



ARFIAN

PROFILE KECAMATAN

Nama kecamatan ini diyakini berasal dari nama sungai yang membelah kecamatan ini yaitu sungai Batang Padang Barat. Kecamatan ini terkenal karena istilah Harimau Padang Barat yang tersohor sampai ke negeri Belanda.

Sebelumnya wilayah kecamatan ini masuk ke dalam wilayah kabupaten Padang Pariaman, namun berdasarkan PP nomor 17 tahun 1980, sejak 21 Maret 1980 menjadi wilayah administrasi kota Padang, dengan kota kecamatan terletak di Pasar Ambacang.

Kecamatan Padang Barat berada dalam jarak 5 km dari pusat kota. Wilayah daratan kecamatan Padang Barat ketinggiannya sangat bervariasi, yaitu antara 8 m sampai 1.000 m di atas permukaan laut, dengan curah hujan 384,88 mm/bulan.

Keadaan wilayah pada kecamatan ini, sekitar 35,85 % dari total luas wilayah kecamatan adalah areal persawahan, 12,63% adalah hutan baik hutan rakyat maupun negara[3], dan sisanya telah dimanfaatkan masyarakat seperti bangunan dan sebagainya.

Syarat-Syarat Pengurusan

I. SYARAT ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN YANG HARUS DILENGKAPI

  1. Dispensasi Nikah
    • Surat Persetujuan Calon Mempelai
    • Surat Keterangan Asal Usul (N2)
    • Surat Keterangan Tentang Orang Tua (N4)
    • Surat Keterangan Untuk Nikah (Model N1)
    • Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah
    • Surat Izin Orang Tua (N5)
    • Fotocopy KTP
    • Fotocopy KK
    • Pas Photo 3x2 = 2 Lembar (Kedua Calon Mempelai)
  2. Syarat Pengurusan KTP
    • Mengisi Formulir F1.21 ( ditanda tangani oleh pemohon dan Lurah )
    • Fotocopy KK SIAK yang telah ditandatangani KADISDUKCAPIL Kota Padang
    • Surat Pengantar dari RT
    • Pas Photo ukuran 2X1,5 cm sebanyak 1 Lembar. Warna Biru untuk Tahun Genap, Warna Merah untuk tahun ganjil
    • KTP Lama 
    • Surat Keterangan Hilang Kepolisian jika KTP hilang
    • Surat Pernyataan telah rekam E-KTP bagi yang umur 17 Tahun atau sudah kawin
    • Surat Keterangan Pindah bagi yang pindah
    • Biaya gratis
  3. Syarat Pengurusan Surat Pindah Keluar
    • Surat Pengantar dari RT
    • Kartu keluarga asli
    • Mengisi Formulir Pendaftaran Pindah
  4. Syarat Pengurusan Surat Pindah Datang
    • Surat Pindah dari daerah Asal dilengkapi Biodata 2 rangkap
    • Surat Pengantar dari RT
    • Mengisi surat pernyataan apabila E-KTP ditarik di daerah asal
    • Mengisi Formulir Pendaftaran Pindah datang dari Kecamatan/Kelurahan/Disdukcapil Kota Padang

II. SYARAT PENGAJUAN/PERMOHONAN IMB YANG HARUS DILENGKAPI

  1. Persyaratan Administrasi
    • Foto copy KTP yang masih berlaku
    • Foto copy Bukti Pemilik Hak atas tanah (Alas HAk) yang di legalisir oleh instansi yang berwenang atau memperlihatkan yang aslinya
    • Surat pernyataan yang diketahui Lurah tentang tanah tidak dalam sengketa, tanah tidak diwakafkan, pelepasan hak atas tanah yang terkena jalan/fasilitas, kewajiban memenuhi kelengkapan persyaratan dan pelunasan retribusi
    • Surat pernyataan pelepasan hak atas tanah (untuk fasilitas umum, fasilitas sosial dan tanah cadangan pengganti)
    • Izin lokasi (untuk permohonan developer)
    • Foto copy keterangan rencana Kota/ advice planning
    • Foto lokasi yang akan dibangun, sekurang-kurangnya 2 (dua) Lokasi 
    • Gambar rencana bangunan yang ditanda tangani oleh yang menggambar/Arsitek dan pemohon, rangkap 6 (enam) dengan mencantumkan nama lengkap
    • khusus bangunan tingkat 3 (tiga) dan seterusnya dibulatkan gambar struktur beserta hitungannya dan ditandatangani dengan mencantumkan nama lengkap
    • Data daya dukung tanah diperlukan jika bangunan berlantai 3 (tiga) keatas
    • Surat pernyataan persetujuan tetangga yang diketahui Lurah bila bangunan berada diatas batas tanah.
    • Ranji/Silsilah keluarga bagi Tanah kaum

III. SYARAT SURAT KETERANGAN KEMATIAN

IV. AHLI WARIS YANG HARUS DILENGKAPIIV. SYARAT SURAT KETERANGAN TEMPAT USAHA

VI.SYARAT SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

UNTUK MENDOWNLOAD FORM SURAT KUASA DAN FORM PERNYATAAN PERUBAHAN KK DAN KTP SILAKAN BUKA DAN ANDA DAPAT MENYIMPAN FORM NYA:

1. FORM SURAT KUASA

2. FORM PERUBAHAN KK/KTP




Pengaduan

Berikan kritik, saran dan pengaduan anda dengan mengisi form di bawah ini.

Terimakasih